[googlee66d1e66a24365f0.html]

Sabtu, 12 April 2014

MAKNA PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam istilah bahasa Inggrisnya yaitu Classroom Action Research. PTK merupakan sebuah metode penelitian yang digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit atau masalah dalam belajar mengajar. Maka dari itu PTK dilakukan jika terdapat masalah dan keinginan dari tenaga pendidik untuk mengatasinya. Sebagai contoh, dalam sebuah kelas banyak sekali siswa tidak bersemangat belajar dan kemudian rasa tidak semangat siswa itu diikuti dengan hasil belajar yang rendah. Nah, seorang guru bisa berangkat dari masalah berikut untuk melakukan PTK.  Hal ini senada dengan pendapat Suhardjono berikut. Menurut Suhardjono (Suharsimi, dkk, 2010:58) “PTK adalah penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki/meningkatkan mutu praktik pembelajaran”. Jadi jelaslah bahwa PTK itu digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran.

Berikut akan dipaparkan pengertian PTK menurut beberapa ahli:
1.        Menurut Kunandar (2010: 45) PTK  didefinisikan sebagai suatu penelitian tindakan (Action Research) yang dilakukan oleh guru dan sekaligus sebagai peneliti dikelasnya atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu  (kualitas) proses pembelajaran di kelasnya melalui suatu tindakan (treatment) tertentu dalam suatu siklus”.
2.         Menurut Hopkins, Penelitian tindakan kelas adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif, yang dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakannya dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman terhadap kondisi dalam praktek pembelajaran (Muslich, 2010:8-9).
3.         Menurut Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian tindakan kelas adalah studi yang dilakukan untuk memperbaiki diri sendiri, pengalaman kerja sendiri, yang dilaksanakan secara terencana dan dengan sikap mawas diri (Muslich, 2010:8-9).
4.         Menurut Rochman Natawijaya, penelitian tindakan kelas adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan kontekstual, yang ditujukan untuk menetukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapi atau memperbaiki sesuatu (Muslich, 2010:8-9).
Harus diingat dalam PTK ada empat tahapan penting yaitu:
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Pengamatan
4. Refleksi
Keempat tahap dalam penelitian tindakan tersebut merupakan unsur dalam membentu sebuah siklus, yaitu satu putaran kegiatan beruntun yang kemudian akan kembali ke langkah semula.jika ada pertanyaan berapa lama kah satu siklus berlangsung dan berapa kali pertemuankah dalam satu siklus itu? Jawabannya adalah relatif, tergantung materi yang disampaikan dan tergantung kemantapan seorang peneliti dalam melaksanakan penelitian tindakan ini. Jika dalam dua atau tiga kali peneliti dan siswa sudah merasakan adanya perubahan dalam proses dan hasil belajar, sehingga didapatkan kepuasan oleh peneliti sasuai tujuan dalam penelitiannya maka PTK dapat dilanjutkan pada siklus berikutnya untuk memantapkan penelitian sehinggga didapat penelitian yang mantap dan berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar